Senin, 07 Desember 2015

3 domain filsafat pendahuluan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1           Latar Belakang

Filsafat dan ilmu adalah dua kata yang saling terkait, baik secara substansial maupun historis karena kelahiran ilmu tidak terlepas dari peran filsafat. Sebaliknya perkembangan ilmu memperkuat keberadaan filsafat. Kedudukan filsafat sebagai induk dari ilmu pengetahuan, memiliki proses perumusan yang sangat sulit dan membutuhkan pemahaman yang mendalam, sebab nilai filsafat itu hanyalah dapat dimanifestasikan oleh seseorang filsuf yang otentik.

Perumusan tersebut merupakan suatu stimulus atau rangsangan untuk memberikan suatu bimbingan tentang bagaimana cara kita harus mempertahankan hidup. Manusia sebagai makhluk pencari kebenaran, dalam eksistensinya terdapat tiga bentuk kebenaran, yaitu ilmu pengetahuan, filsafat dan agama.

Filsafat disebut pula sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat eksistensial, artinya sangat erat hubungannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan filsafat menjadi dasar bagi motor penggerak kehidupan, baik sebagai makhluk individu atau pribadi maupun makhluk kolektif dalam masyarakat.

Oleh karena itu kita perlu mempelajari filsafat hingga keakar-akarnya. Khususnya pada dasar ilmu pengetahuan, sebab manusia hidup pastilah memiliki pengalaman yang berbeda-beda, yang kemudian dari pengalaman itu akan muncul ilmu sebagai kumpulan dari pengalaman atau pengetahuan yang ada agar terbuka wawasan pemikiran yang filosofis.

1.2  Rumusan Masalah

1.      Bagaimanakah pengertian ilmu, pengetahuan serta ilmu pengetahuan dalam bidang   filsafat?
2.      Bagaimanakah struktur dasar ilmu pengetahuan dalam berfilosofis?
3.       Apakah ciri dari berfikir filosofis terhadap pengetahuan ?
4.      Pokok-pokok apa sajakah yang terdapat dalam ilmu pengetahuan ?

1.3   Tujuan Masalah

1.      Dapat mengetahui definisi antara ilmu, pengetahuan dan ilmu pengetahuan.
2.      Dapat mengetahui proses munculnya ilmu pengetahuan secara filosofis berdasarkan struktur ilmu pengetahuan.
3.      Dapat memahami ciri seorang filsuf yang filosofis terhadap pengetahuan
Mengetahui sumber, hakikat dan tujuan ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar